| Materi Pembelajaran | 40% |
| Tugas | 30% |
| Kuis/Ujian | 30% |
| Min. Nilai Lulus | 70% |
Kurikulum pembelajaran bahasa Arab dirancang untuk mengembangkan keterampilan berbahasa siswa dalam empat aspek utama: mendengarkan (istima'), berbicara (kalam), membaca (qira'ah), dan menulis (kitabah). Materi pembelajaran disusun secara sistematis dengan fokus pada penguasaan kosakata (mufradat) dan tata bahasa (nahwu dan sharaf) yang relevan dengan tingkat pemahaman siswa. Pendekatan komunikatif menjadi landasan utama dalam penyampaian materi, yang memungkinkan siswa untuk berlatih menggunakan bahasa Arab dalam konteks kehidupan sehari-hari, seperti memperkenalkan diri, bertanya, dan memberikan jawaban. Selain itu, materi disesuaikan dengan nilai-nilai keislaman dan budaya Arab untuk memperkaya pemahaman siswa terhadap budaya dan konteks sosial bahasa tersebut.
Pada tingkat lanjut, kurikulum menekankan pada analisis teks-teks klasik dan modern dalam bahasa Arab untuk memperkuat kemampuan membaca dan memahami teks dengan makna mendalam. Siswa juga diperkenalkan dengan keterampilan menulis esai dan artikel dalam bahasa Arab untuk mengembangkan kemampuan ekspresi mereka secara tertulis. Evaluasi dilakukan melalui tugas-tugas praktik, ujian lisan, dan penilaian tertulis yang mencakup semua aspek keterampilan bahasa. Dengan pendekatan holistik ini, diharapkan siswa tidak hanya mahir berbahasa Arab, tetapi juga memiliki pemahaman yang lebih luas tentang kebudayaan dan literatur Arab.
Bagikan diklat ini ke teman-temanmu