| Materi Pembelajaran | 40% |
| Tugas | 30% |
| Kuis/Ujian | 30% |
| Min. Nilai Lulus | 70% |
Kurikulum pembelajaran bahasa Jepang dirancang untuk mengembangkan kemampuan siswa dalam empat keterampilan utama: mendengarkan (聞く), berbicara (話す), membaca (読む), dan menulis (書く). Pembelajaran dimulai dengan pengenalan sistem penulisan Jepang, yaitu Hiragana, Katakana, dan Kanji. Materi awal mencakup kosakata dasar, seperti salam, angka, dan frasa sehari-hari, serta tata bahasa sederhana (文法), seperti pola kalimat dasar, partikel, dan konjugasi kata kerja bentuk dasar (ます形). Pendekatan komunikatif diterapkan untuk membantu siswa berlatih berbicara dan mendengarkan melalui dialog interaktif dan simulasi situasi sehari-hari, seperti memperkenalkan diri atau memesan makanan.
Pada tingkat lanjutan, siswa diajak untuk memahami teks-teks autentik, seperti artikel, cerita pendek, dan dialog formal, guna memperluas kosakata dan pemahaman tata bahasa yang lebih kompleks, seperti penggunaan bentuk sopan (敬語) dan kalimat majemuk. Selain itu, siswa juga belajar menulis surat, esai pendek, dan laporan sederhana dalam bahasa Jepang. Materi pembelajaran dilengkapi dengan unsur budaya Jepang, termasuk tradisi, etika, dan kehidupan sehari-hari, untuk memberikan wawasan tentang konteks sosial penggunaan bahasa. Evaluasi dilakukan melalui tugas menulis, tes lisan, dan proyek berbasis budaya, memastikan siswa mampu berkomunikasi dengan baik dan memiliki pemahaman yang mendalam tentang bahasa serta budaya Jepang.
Bagikan diklat ini ke teman-temanmu