| Materi Pembelajaran | 40% |
| Tugas | 30% |
| Kuis/Ujian | 30% |
| Min. Nilai Lulus | 70% |
Komunikasi merupakan salah satu hal dasar dalam kehidupan manusia dimanapun berada. Oleh sebab itu, etika komunikasi semestinya telah dimiliki oleh setiap orang sejak kecil. Namun norma dan budaya di lingkungan seseorang dibesarkan atau berkembang bisa jadi berbeda dengan norma dan budaya dilingkungan tempatnya berada dan bekerja. Dengan kondisi ini membuat setiap individu perlu melakkukan penyesuaian dalam hal berkomunikasi. Dengan demikian, tujuan adanya etika komunikasi di setiap tempat individu hidup dan bekerja dapat tercapai.
Adapun tujuan etika komunikasi secara umum khususnya di tempat kerja adalah untuk menciptakan situasi kerja yang kondusif dan harmonis.
Secara khusus, tujuan etika komunikasi adalah :
a.Membangun Hubungan
Etika komunikasi bertujuan untuk membangun hubungan yang saling menghargai dan harmonis antar individu atau kelompok. Tentu saja hubungan yang dimaksud tidak terbatas pada bawahan dengan atasan bila di tempat kerja, tetapi antar semua individu tanpa meliat statusdan kedudukannya.
b.Mencapai Efektifitas
Dengan menjunjung tinggi etika komunikasi, kita dapat mencapai tujuan komunikasi yang lebih efektif dan produktif. Komunikasi yang disampaikan dengan etika menambah keyakinan orang lain akan substansi komunikasi yang disampaikan.
c.Menjaga Integritas
Etika komunikasi membantu menjaga integritas dan kredibilitas individu atau organisasi dalam berkomunikasi. Dalam kita berkomunikasi, menunjukkan siapa diri kita dan dari sanalah orang lain menilai integritas diri kita.
Bagikan diklat ini ke teman-temanmu