| Materi Pembelajaran | 40% |
| Tugas | 30% |
| Kuis/Ujian | 30% |
| Min. Nilai Lulus | 70% |
Manusia disamping sbg mahluk individu
juga disebut sebagai mahluk sosial yang
membutuhkan seseorang atau kelompok orang untuk
berintegrasi dalam kehidupannyaOleh karena itu manusia
membutuhkan Komunikasi.Dalam berintegrasi manusia membentuk kelompok kelompok ttt yang
mempunyai pembagian pekerjaan yang jelas dalam kelompok atau organisasi
tersebut .Oleh karenanya penting untuk mengerti
bagaimana berkomunikasi dalam sebuah
organisasi tersebut, agar tujuan organisasi dapat tercapai dengan baik.Dalam sebuah organisasi, tantangan komunikasi efektif sering kali
muncul, seperti ketidakjelasan pesan, kurangnya transparansi, dan kesulitan
mendengarkan secara efektif (Sari, 2016). Konflik kepentingan, kekurangan umpan
balik konstruktif, serta kurangnya alat dan proses komunikasi yang efektif juga
menjadi hambatan yang dapat merugikan hubungan internal dalam organisasi
(Abidin, 2020). Setiap organisasi mempunyai hierarki wewenang dan panduan
formal yang harus dipatuhi oleh para karyawannya. Komunikasi memberikan
informasi yang diperlukan setiap individu dan kelompok untuk membuat/mengambil
keputusan. Agar kinerja efektif masing-masing kelompok perlu mempertahankan
berbagai kontrol terhadap anggotanya, merangsang dan memotivasi para anggota
untuk bekerja, menyediakan sarana untuk mengungkapkan emosi, dan mengambil
keputusan.
Komunikasi efektif
memiliki peran krusial dalam keberhasilan suatu organisasi. Dalam dinamika yang
terus berkembang, kemampuan untuk menyampaikan informasi dengan jelas dan
efisien menjadi fondasi utama bagi keberlangsungan operasional dan pencapaian
tujuan organisasi (Mahmudah, 2015). Pentingnya komunikasi efektif dalam konteks
organisasi, dengan menggali faktor-faktor yang mempengaruhi, serta memberikan
pandangan terhadap strategi untuk meningkatkan kualitas komunikasi di dalam
suatu entitas organisasional.
Komunikasi yang efektif dalam organisasi
merupakan hal yang penting karena dapat memengaruhi berbagai aspek, seperti
kolaborasi tim, interaksi pelanggan, dan profitabilitas bisnis. Berikut
beberapa materi yang dapat dibahas mengenai komunikasi efektif dalam organisasi
Bagikan diklat ini ke teman-temanmu